Bupati Sukoharjo, H. Wardoyo Wijaya, SH, MH, menerima Penghargaan Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar. Acara penerimaan Penghargaan itu dilaksanakan pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup di Gedung Manggala Wanabakti, rabu (2/8), yang pada acara ini juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Setelah melewati penilaian akhir yaitu presentasi dan wawancara oleh Bupati Sukoharjo dihadapan Tim Panel Penilai yang ditunjuk Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tanggal 7 Juli 2017, Bupati Sukoharjo bersama dengan Bupati Malang dan Bupati Dharmasraya berhasil menyabet Penghargaan Nirwasita Tantra untuk tingkat kabupaten Tahun 2017 berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan kehutanan Republik Indonesia Nomor : SK. 345/MENLHK/SETJEN/SET.1/7/2017 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Nirwasita Tantra pada Tahun 2017 tanggal 26 Juli 2017.

Menurut Drs. Djoko Sutarto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo “Penghargaan Nirwasita Tantra merupakan penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan, dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya,” jelasnya.

“Penghargaan Nirwasita Tantra dinilai berdasarkan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah, yaitu Dokumen yang menyatakan kondisi, permasalahan, dan kebijakan dan/atau program yang ditetapkan dan diterapkan oleh Daerah dalam melakukan pengelolaan lingkungan hidup di daerahnya,” tambahnya.

Tim Panel telah melakukan penilaian terhadap Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah pada 24 Provinsi, 40 Kota dan 109 Kabupaten. Disamping penghargaan Nirwasita Tantra, Kabupaten Sukoharjo pada Tahun 2017 ini kembali mampu meraih Penghargaan Adipura.

Pada Tahun 2016 lalu Kabupaten Sukoharjo mampu meraih penghargaan Adipura Kirana, setelah puasa selama 20 tahun. Dan pada tanggal 2 Agustus malam Bupati Sukoharjo akan menerima kembali penghargaan Adipura yang kedua kalinya dalam masa kepemimpinanya, demikian yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol Setda Sukoharjo, Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M.Hum, dalam keterangannya.(ang)

Leave a Reply

Layanan Publik