SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani membuka Job Fair Sukoharjo 2023 di Gedung Pusat Promosi Potensi Daerah (GP3D), Selasa (22/8/2023). Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker). Job Fair tersebut selama dua hari, 22-23 Agustus 2023. Terlihat hadir dalam pembukaan Wakil Bupati, Agus Santosa.
Bupati menyampaikan, masalah ketenagakerjaan di Kabupaten Sukoharjo merupakan masalah bersama. Bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah saja untuk menyelesaikannya, namun diperlukan peran aktif masyarakat baik dari pihak pemberi kerja/perusahaan, para pengusaha, ataupun para pencari kerja, serta stake holder terkait yang berhubungan dengan ketenagakerjaan, termasuk Bursa Kerja Khusus (BKK) yang ada di SMK-SMK dan Lembaga Penempatan Tenaga Kerja Swasta (LPTKS).
“Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam mengatasi pengangguran,” ujar Bupati.
Meski begitu, lanjutnya, masalah tersebut belum dapat tertangani secara keseluruhan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. Laju peningkatan kesempatan kerja tidak sebanding dengan laju peningkatan pencari kerja. Kesempatan kerja yang tersediapun tidak semua dapat dimanfaatkan dengan optimal.
Sedangkan Kepala Disperinaker Sukoharjo, Sumarno, mengatakan dengan digelarnya job fair tersebut diharapkan dapat membantu proses bertemunya pencari kerja dan pengguna tenaga kerja lebih efektif dan efisien dengan layanan langsung dan terbuka bagi calon tenaga kerja.
“Dengan pertemuan langsung antara pencari kerja dan pengguna kerja diharapkan terjadi penyerapan tenaga kerja sehingga mampu mengurangi tingkat pengangguran di Sukoharjo,” ujar Sumarno.
Menurutnya, Job Fair 2023 diikuti oleh 30 perusahaan dari Sukoharjo dan sekitarnya. Terkait lowongan pekerjaan, Sumarno mengaku terdapat 2.000 lowongan yang disediakan oleh perusahaan.
“Kami menargetkan 2.500 pengunjung selama dua hari pelaksanaan job fair dari berbagai latar belakang pendidikan. Di lokasi job fair ini sekaligus dilakukan seleksi awal berupa tes tertulis maupun wawancara,” ujarnya. (*)
Sumber Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan