SUKOHARJO – Pemerintah Republik Indonesia melalui Keputusan Presiden Nomor 78 tahun 1994, menetapkan 25 November sebagai HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sekaligus Hari Guru Nasional 2019. Pemerintah Kabupaten (pemkab) Sukoharjo  turut memperingati hari besar tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Agus Santosa mewakili Bupati Sukoharjo mempimpin upacara peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2019. Upacara digelar berlangsung penuh khidmat berlangsung di halaman kantor Pemkab Sukoharjo, Senin (25/11/2019).

Upacara bendera kali ini mengangkat tema “Peran Strategis Guru Dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul” itu dikuti oleh guru, siswa-siswi, Kepala OPD hingga pengurus PGRI Kabupaten Sukoharjo.

Dalam pidato yang dibacakan Sekda Kabupaten Sukoharjo,  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim mengangkat berbagai masalah guru dan mengaku tak akan memberi janji kosong.

“Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati, biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke,” ujar Drs. Agus Santosa saat membacakan teks sambutan Mendikbud Nadiem di awal teks pidato.

Dia kemudian bicara tentang tugas guru yang merupakan termulia dan tersulit. Menurut Nadiem, guru di Indonesia ditugasi membentuk masa depan bangsa namun lebih sering diberi aturan dibanding pertolongan.

“Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan,” ucapnya.

Nadiem juga menyinggung guru yang dibebankan hal-hal administratif, hingga menghambat proses belajar mengajar. Dampaknya guru terpaksa bertumpu pada hasil ujian karena kebijakan pemangku kepentingan.

Menurut Ketua panitia Drs Sahono,M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan dalam rangka HUT Ke-74 PGRI dan HGN tahun 2019 di Kabupaten Sukoharjo juga sebelumnya dilaksanakan berbagai kegiatan antara lain worshop penulisan buku cerita anak yang dilaksanakan pada tanggal 06 Oktober 2019 di Graha PGRI Sukoharjo, pemasangan bendera organisasi serta spanduk HUT PGRI ke-74 dan Hari Guru Nasional tahun 2019, perlombaan penulisan artikel ilmiah bagi Guru anggota PGRI, perlombaan pembuatan alat peraga dan atau media pembelajaran yang dilaksanakan selama 2 tahap mulai tanggal 1-31 oktober 2019 dan tahap dua mulai tanggal 1-17 November 2019 di Graha PGRI , diklat penyusunan PTK berbasis e-learning yang dilaksanakan tanggal 9 November 2019, lomba maca lan nulis aksara jawa tanggal 13 November, ziarah ke makam pahlawan PGRI dan pendidikan yaitu para  mantan ketua PGRI Kabupaten Sukoharjo, upacara bendera di tingkat Kabupaten dan lembaga Pendidikan, Resepsi HUT PGRI ke-74 dan pendidikan dan mengirimkan tim pengurus Kabupaten untuk mengikuti kegiatan HUT PGRI ke-74 dan HGN 2019 di Tingkat Provinsi dan Tingkat Pusat PB PGRI.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Humas dan Protokol setda Kabupaten Sukoharjo. (Tj)

Sumber by: Press Room Sukoharjo