SUKOHARJO– Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM, memberikan Kartu Indonesia Pintar ( KIP) secara bertahap teruntuk siswa SD hingga siswa SMA, kali ini KIP dibagikan kepada 2.500 untuk siswa SMP dalam hal ini diterimakan kepada orang tua/wali, bertempat di Graha PGRI Sukoharjo (20/1/2020).

Kepada para penerima, Bupati berpesan agar kartu ini digunakan sesuai peruntukannya. “Gunakan Kartu Indonesia Pintar sesuai peruntukannya yang berkaitan dengan pendidikan, sehingga seluruh anak dapat bersekolah  sesuai dengan jenjang,” harap  Bupati dalam sambutannya.

Pemberian KIP merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan akses dan layanan pendidikan kepada siswa yang berasal dari keluarga miskin ataupun rentan miskin, agar terus mendapatkan pelayanan pendidikan hingga pendidikan menengah.

Dalam acara tersebut, Bupati memberikan langsung KIP secara simbolis teruntuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 2500 siswa yang diwakili orang tua/wali masing masing penerima manfaat KIP.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Drs. Darno, M.Pd, KIP Direncanakan akan dibagikan secara bertahap jenjang SD hingga jenjang SMA sejumlah 12.665 siswa.

“hari ini berjumlah 2.500 penerima untuk siswa SMP, yaitu 20 persen dari jumlah keseluruhan penerima KIP sebesar 12.665 siswa. Untuk siswa SD akan dilaksanakan secara bertahap dalam 4 tahap,” jelasnya.

Usai acara pemberian KIP, salah seorang orang tua/wali siswa SMP menyampaikan rasa senangnya sebagai salah satu penerima manfaat PIP. Dia merasakan, dana yang diberikan ini sangat membantu memenuhi kebutuhan sekolah. “Saya akan gunakan bantuan ini untuk membelikan peralatan sekolah yang sudah mulai rusak anak saya, seperti tas,” katanya.

Turut hadir Sekda Drs. Agus Santosa, Ketua TP.PKK Hj. Etik Suryani SE, MM, Kepala OPD terkait serta orang tua/wali siswa penerima PIP.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sukoharjo. (Tj)

Sumber by: Press Room Sukoharjo