SUKOHARJO– Pemerintah Kabupaten Sukoharjo melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik bagi pemilih pemula, di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), diikuti 700 pelajar SMA dan SMK se- Kabupaten Sukoharjo, Selasa (4/2).

Bupati Sukoharjo, H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan tersebut bertempat di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), diikuti 700 pelajar SMA dan SMK se- Kabupaten Sukoharjo, Selasa (4/2).

Menurut Bupati, Pemilih pemula adalah pemilih yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada mendatang, Tahap pengenalannya proses Pilkada sangat penting untuk dilakukan kepada pemilih pemula terutama bagi mereka yang berusia 17 tahun dalam pilkada suara mereka sangat menentukan pemerintahan selanjutnya diharapkan bisa menjadi motivasi untuk menjadi pemilih yang cerdas.

“Selama ini pemilih pemula atau kaum milenial selalu menjadi objek politik mereka hanya dilirik dalam hasil suara saja. Hal ini mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pendidikan politik itu secara maksimal, padahal mereka sangat berperan aktif dan penting dalam kegiatan perpolitikan melalui pesta demokrasi. untuk itu sekali lagi saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan sosialisasi ini, mudah-mudahan melalui kegiatan ini dapat menjadi pendidikan politik bagi para pemilih pemula, sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sukoharjo yang akan datang,” jelas Bupati.

Sementara, Kepala Kesbangpol Kabupaten Sukoharjo Gunawan Wibisono, S.Sos., M.Si mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan untuk menyampaikan informasi tentang tahapan Pemilukada 2020 dan agar pelajar sebagai pemilih pemula yang telah memiliki hak pilih dapat berpartisipasi aktif dalam pemilu tahun 2020  serta merupakan salah satu sarana pembelajaran bagi siswa-siswi yang akan menjadi pemilih pemula agar mengetahui etika dan moral politik dan  

Sebagai sarana untuk memberikan kesadaran hak dan kewajiban sebagai warga negara yang berpartisipasi aktif dalam kehidupan demokrasi berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya penyampaian materi dengan judul Politik dan Pemilih Muda Dalam Pemilukada oleh Hj. Etik Suryani SE, MM dan menghadirkan motivator Dra. Biyarni M.Si, CH, CHt.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sukoharjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M.Hum. (Tj)

Sumber by: Press Room Sukoharjo

Skip to content
Ini adalah Website PPID Kabupaten Sukoharjo, Fitur ini adalah fasilitas untuk para disabilitas
Conformance status