Bupati H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM membuka secara resmi kegiatan Jambore Anak Kabupaten Sukoharjo tahun 2020 dengan ditandai Penyematan tanda peserta. Sekitar 500 orang terdiri dari siswa-siswi SMA, SMK, MAN serta anak-anak Forum Anak Sukoharjo (Fanasko), menghadiri Jambore Anak yang digelar di Pendopo Graha Satya Praja (GSP), Sabtu (22/2). Mereka datang mewakili anak-anak usia di bawah umur 18 tahun dari 12 Kecamatan. oleh Bupati Sukoharjo H. WARDOYO WIJAYA, S.H.,M.H.,M.M

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Sukoharjo Ir. Proboningsih Dwi Danarti mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter siswa supaya tumbuh budaya disiplin jujur handal dan profesional sebagai generasi penerus bangsa merumuskan suara anak Kabupaten Sukoharjo tahun 2020. Selain itu, Jambore Anak ini bermaksud sebagai sarana pembelajaran dan berbagi pengalaman dalam belajar dan sebagai sarana peningkatan kapasitas siswa untuk berkreasi dan mengembangkan diri.

Sementara itu, Bupati berharap Jambore ini hendaknya menjadi salah satu upaya membangun kesadaran semua pihak mengingat anak sebagai investasi dalam pembangunan ke depan.

“Bahwa setiap anak berhak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi,” jelas Bupati

Sementara itu, dalam penyampaian materi dan dialog dengan para peserta Jambore, Hj. Etik Suryani SE, MM selaku Ketua TP.PKK Kabupaten Sukoharjo  menegaskan para anak sangat besar dalam mencegah kekerasan.

 “Anak-anak sekalian diharapkan dapat menjadi pelopor dan pelapor jika ada kekerasan yang mengancam. Kalian harus berani melapor karena telah dilindungi oleh Undang-Undang,” harap Ketua TP.PKK Hj. Etik Suryani.

Hj. Etik juga menyinggung pentingnya perlindungan anak dari keluarga. Karena itu dirinya memandang perlu orang tua diberikan pemahaman dan edukasi bagaimana mendidik anak dengan baik dan benar serta menekankan pentingnya anak-anak dibekali kemampuan diri untuk mendeteksi lingkungan. Penyampaian materi selanjutnya disampaikan dari yayasan SETARA Provinsi Jateng yuli sulistiyanto.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sukoharjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M.Hum. (Tj)

Sumber by: Press Room Sukoharjo