SUKOHARJO– Kwarcab Sukoharjo kembali menggelar kegiatan Pesta Siaga Tingkat Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sukoharjo pada hari Sabtu tanggal 7 Maret 2020 digelar sehari di SMPN 2 Polokarto. Pesta siaga kwarcab Sukoharjo tahun 2020 diikuti sebanyak 24 barung putra putri. Adapun tema pesta siaga kwarcab Sukoharjo tahun 2020 adalah “cerdas, berkarakter, ceria”.

Pesta siaga kwarcab Sukoharjo dibuka secara resmi oleh oleh Bunda Waka Mabicab Sukoharjo, Hj. Etik Suryani SE, MM.

Pesta Siaga Kwarcab tersebut digelar dengan tujuan untuk menambah persaudaraan, pengetahuan, keterampilan, patriotisme dalam wadah kegiatan yang kreatif, rekreatif, inovatif dan produktif.

Waka Mabicab Sukoharjo, Hj. Etik Suryani SE, MM dalam sambutannya berpesan agar kesempatan tersebut dapat digunakan untuk saling mengenal sehingga persahabatan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan dapat tercipta. Dalam Dwi Darma Pramuka sudah disebutkan bahwa Siaga berbakti pada ayah bundanya, Siaga berani dan tidak putus asa. Untuk itu diharapkan darma tersebut diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Untuk pembina pendamping, karena namanya Pesta Siaga, sehingga yang berpesta adalah para Siaga, bukan pada pembinanya. Berikanlah kemandirian pada para Siaga,” pesan Hj. Etik.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia Pelaksana Pesta Siaga Kwarcab Sukoharjo Kak Daimatu Rokhmah menyampaikan kegiatan yang dinilai antara lain ketaqwaan, kerapian berpakaian, baris berbaris, pesan berantai, scouting skill, bola pantul, pentas budaya, puisi pramuka, tokoh dan pahlawan, bumbung kemanusiaan, serta kebersihan lingkungan.

Dalam Pesta Siaga Kwarcab tersebut akan diambil Barung tergiat I, II, dan III yang kemudian berhak mewakili Kwarcab Sukoharjo maju ke tingkat Binwil Surakarta. Rencananya, Binwil Surakarta akan digelar pada 21 Maret mendatang di SMAN 2 Wonogiri.

Dari hasil penilaian dewan juri, barung tergiat I Putra diraih Kecamatan Kartasura dengan nilai 1.028, tergiat II Kecamatan Mojolaban, tergiat III Kecamatan Tawangsari. Sedangkan barung tergiat I Putri diraih Kecamatan Baki dengan nilai 1.037, tergiat II Kecamatan Mojolaban, tergiat III Kecamatan Kartasura, selanjutnya penyerahan piala dilaksanakan dalam upacara penutupan di tempat yang sama.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan setda Kabupaten Sukoharjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M.Hum. (Tj)

Sumber by: Press Room Sukoharjo