SUKOHARJO– Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM  dan Ketua TP. PKK Kabupaten Sukoharjo Hj. Etik Suryani SE, MM didampingi Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sukoharjo, Drs. Ahmad Isbani MA mengisi secara mandiri Sensus Penduduk Online (SPO) tahun 2020 atau SP2020, di ruang kerja Bupati, Selasa ( 17/3).

Berbekal kartu keluarga dan KTP Bupati H. Wardoyo dipandu Drs. Ahmad Isbani MA memulai langkah-langkah pengisian data secara online melalui komputer.  Pengisian data kependudukan secara online sendiri merupakan metode survei terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mulai diberlakukan tahun 2020 ini.

Kemudian, pasca melaksanakan pengisian data sensus penduduk, Bupati menghimbau kepada seluruh pejabat yang ada di jajaran Pemkab Sukoharjo untuk mensukseskan SP Online ini dan menyampaikan informasi ini kepada masyarakat Kabupaten Sukoharjo.

“Saya menghimbau kepada seluruh jajaran ASN dan seluruh masyarakat di Kabupaten Sukoharjo, untuk menyukseskan sensus penduduk online, yang dimulai pada tanggal 15 Februari sampai dengan tanggal 31 Maret 2020, melalui website sensus bps.go.id. Mari sukseskan sensus penduduk 2020, menuju satu data kependudukan Indonesia,” harap Bupati.

Sementara itu, Kepala BPS Drs. Ahmad Isbani MA menjelaskan, Tahun 2020 ini, pertama kalinya BPS menggunakan metode survei secara online. Dengan metode baru ini, masyarakat di kabupaten Sukoharjo khususnya, sudah dapat melakukan pengisian data kependudukan secara online di www.sensus.bps.go.id.

Ditambahkannya selain online, sensus penduduk juga akan dilakukan secara manual atau konvensional dengan mengunjungi rumah-rumah penduduk. Ini dilakukan untuk memback up jika ada data yang tercecer atau ada penduduk yang tidak melakukan pendataan secara online.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Plt. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukoharjo H. Sukito, S.Sos, M.Si, Suyamto, S.T, M.Kom Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sukoharjo Drs. Joko Nurhadiyanto EN, M.Hum.(Tj)

Sumber by: Press Room Sukoharjo