SUKOHARJO– Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten  Sukoharjo membagikan sebanyak seribu paket berisi masker dan hand sanitizer pada pedagang, tukang becak, juru parkir dan warga di lingkungan Pasar Kartasura, Kecamatan Kartasura, Selasa (21/4/2020). Hal yang sama  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Kabupaten Sukoharjo, Hj. Etik Suryani, SE., MM bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Sukoharjo membagikan Alat Pelindung Diri (ADP) berupa masker dan Hand Sanitiser kepada 1000 orang juga di pasar Bekonang dan pasar Cuplik dalam upaya menyikapi perkembangan Pandemi Covid 19 dengan mengadakan sosialisasi pemakaian masker wajib untuk semua di dua pasar tersebut juga, direncanakan kepada pasar pasar lainnya diwilayah Kabupaten Sukoharjo.

Pada kegiatan tersebut sekaligus sosialisasi tentang pentingnya penggunaan masker saat keluar rumah. Selain itu juga menggunakan hand sanitizer untuk mencegah penyebaran virus corona. Saat pembagian masih ditemukan banyak pelanggaran masyarakat mengabaikan penggunaan masker dan langsung ditegur.

Ketua TP PKK Sukoharjo Hj. Etik Suryani mengatakan, ada sebanyak seribu paket berisi masker dan hand santizer disiapkan dan dibagikan TP PKK Sukoharjo di lingkungan Pasar Kartasura. Masker dan hand sanitizer dibagikan gratis pada pedagang, juru parkir, tukang becak, dan warga sekitar.

Saat pembagian terlihat Hj. Etik Suryani memeragakan pemakaian masker dan hand sanitizer pada pedagang Pasar Kartasura. Hal itu sekaligus sosialisasi dari TP PKK Sukoharjo tentang pentingnya masker dan hand sanitizer untuk mencegah peyebaran virus corona. Selain itu antisipasi penularan virus di lingkungan Pasar Kartasura.

“Masih banyak yang mengabaikan. Jadi TP. PKK Sukoharjo turun langsung blusukan ke pasar dan kampung tidak sekedar membagi tapi juga sosialisasi dan praktek penggunaan masker dan hand sanitizer seperti di Pasar Kartasura ini,” ujarnya.

Agenda yang disambut positif pedagang dan pengunjung Pasar ini juga dimanfaatkan untuk menghimbau masyarakat agar tetap manaruh kewaspadaan. Tentunya dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menghindari kerumunan massa, menjaga jarak serta tidak keluar rumah ketika tak ada keperluan mendesak.

Hal ini sebagai langkah preventif sekaligus mengedukasi dan sosialisasi kepada masyarakat guna mencegah penyebaran Corona VirusDisease (COVID-19).

Disisi lain, Ketua TP PKK Kabupaten Sukoharjo, Hj. Etik Suryani SE, MM mengatakan, pembagian masker dan Hand sanitiser di pasar pasar ini dilakukan guna memberikan alat pelindung diri bagi masyarakat untuk mencegah penularan virus corona.

“Kegiatan ini, salah satu bentuk kepedulian kita dalam hal memberantas penyebaran Virus, selain membagikan masker, kita dari PKK juga memberikan edukasi atau sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya Virus Corona,” ujarnya

Ditambahkannya, Hj. Etik menyampaikan, untuk mencegah penyebaran virus corona masyarakat harus menggunakan masker dan Hand Sanitizer sebagai antisipasi usai melakukan aktivitas diluar rumah maupun saat dirumah.

“Hal ini, tentunya untuk lebih peduli dengan kebersihan dan kesehatan diri agar terhindar dari berbagai penyakit khususnya Virus Corona yang saat ini sedang merebak di indonesia bahkan dunia,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menghimbau kepada masyarakat khususnya kaum ibu-ibu, pentingnya menjaga kesehatan agar tidak terpapar virus Covid-19.

“Kita berharap dengan bantuan ini, penjual dan pengunjung pasar dapat menggunakan APD masker dan menggunakan Hand Sanitiser,” harap Hj. Etik Suryani.

Demikian informasi yang disampaikan Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sukoharjo. (Tj)