SUKOHARJO– Bupati H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM  menerima bantuan perlengkapan alat kesehatan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, bertempat di Kantor Bupati Sukoharjo, Jumat (26/6). Bantuan yang disebut Jogo Tonggo Kit berupa paket berisi masker kain 1.000 buah, baju APD 10 set, thermogun satu buah, sepatu boot 10 pasang, sarung tangan 10 pasang. Selain itu juga spryer satu buah, hand sanitizer 50 liter, desinfektan 30 liter, serta modul tiga buah.

Bupati mengatakan, bantuan Jogo Tonggo Kit diberikan untuk semua desa/kelurahan di Sukoharjo sebanyak 167 paket. Bantuan Jogo Tonggo Kit menyesuaikan jumlah desa/keluarahan yang ada. Bantuan tersebut untuk membantu desa dalam upaya mencegah penyebaran virus corona.

“Upaya dimaksimalkan dan harapannya wabah segera berlalu,” ungkap Bupati.

Bupati menambahkan, saat ini kasus positif corona di Sukoharjo secara akumulasi sudah mencapai 89 kasus, terdiri dari 63 orang sembuh, lima meninggal, enam isolasi mandiri, tujuh isolasi rumah sehat, dan delapan rawat inap di rumah sakit. Saat ini, kasus positif corona di Sukoharjo masih 21 orang. “Masyarakat harus mendukung upaya pemerintah dengan tetap patuh pada protokol kesehatan,” katanya.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jateng, Quatly Abdulkadir Alkatiri menambahkan, bantuan Jogo Tonggo Kit ini merupakan bagian dari Pemprov Jateng dalam upaya menanggulangi pandemi virus corona. Harapannya, perlengkapan kesehatan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah desa dalam mencegah penyebaran virus. “Jumlah bantuan disesuaikan dengan jumlah desa tiap-tiap kota/kabupaten,” ujarnya.

Penyerahan bantuan tersebut disampaikan melalui DPRD Provinsi Jateng yang hadir langsung di Sukoharjo. Bantuan tersebut diterima Bupati Sukoharjo H. Wardoyo Wijaya SH, MH, MM di ruang loby Bupati. Bantuan Jogo Tonggo Kit kemudian langsung disalurkan ke desa/kelurahan melalui camat.

Demikian informasi yang disampaikan Plt. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sukoharjo Herdis Kurnia Wijaya S.Sos. (Tj)