Sukoharjo (12/02/21) Bertempat di Makodim 0726/Sukoharjo, Dandim 0726/Sukoharjo Inf  Agus Adhy Darmawan, S.I.P., M.I.Pol  menerima Kunjungan Tim Wasev dari Kodam IV/Diponegoro Kolonel Inf Era Hernanto (Pamen Ahli Bidang Sosial Budaya Kodam IV/Diponegoro), Jumat (12/02).

Rombongan tiba di Makodim 0726/Sukoharjo pada pukul 08.45 wib diterima langsung oleh Dandim 0726 Sukoharjo beserta Kasdim dan Pa Staf Kodim 0726/Sukoharjo diruang transit Makodim.

Adapun kehadiran Pamen Ahli Bidang Sosial Budaya Kodam IV/Diponegoro tersebut adalah terkait dengan pelaksanaan PPKM Mikro di wilayah Kodim 0726/Sukoharjo. Pada kesempatan pertama, didampingi Dandim 0726/Sukoharjo berta jajaran, rombongan Pamen Ahli Bidang Sosial Budaya Kodam IV/Diponegoro tersbut melaksanakan peninjauan menuju Posko PPKM Mikro di Kelurahan Gayam Kec. Sukoharjo. Kehadiran beliau disambut Muspika Kec. Sukoharjo dan Perangkat Kelurahan beserta Toga, Tomas, Toda, Bidan Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Di Posko PPKM Mikro Covid 19 di Kelurahan Gayam Kolonel Inf Era Hernanto menerima pemaparan terkait Perkembangan Covid-19 di Kel. Gayam dari Bp. Havid Danang PW, S.H., M.H (Plh. Camat Sukoharjo sekaligus Lurah Gayam).

” Harapan kami dengan adanya kunjungan ini, bisa meningkatkan peran serta aparatur pemerintahan negara, TNI Polri dalam pelaksanaan penanggulangan penyebaran virus covid-19, serta mempercayakan peran masyarakat dalam lingkup terkecil yaitu RT/RW berperan serta dalam rangka pencegahan, penanggulangan serta upaya nyata mensikapi masa pandemi covid-19 ini, ” tukas Bp. Havid Danang.

Sementara itu Kolonel Inf Era Hernanto menyampaikan bahwa pada dasarnya program ini perlu adanya tingkat kesadaran masyarakat, kesadaran masyarakat ini tentunya perlu kita gugah bersama sehingga di harapkan akan mempermudah program PPKM Mikro ini.

” Memang sekarang salah satu upaya yang dilakukan pemerintah saat ini adalah dengan diadakanya vaksin, tentunya dalam proses kelancarannya pelaksanaan vaksin ini juga perlu pendampingan dari TNI-POLRI juga pemerintahan daerah, baik Dinkes,Puskesmas juga kelurahan, sehingga pelaksanaan vaksin ini juga dapat berjalan sesuai yang kita harapkan bersama,” ungkapnya.

Kedatangan Tim Wasev dari Kodam IV/Diponegoro ini adalah untuk meninjau posko, bagaimana pelaksanaan program mikro ini di desa-desa. Kolonel Era  mempunyai keyakinan bahwa dengan adanya Posko PPKM Mikro beserta upaya kegiatanya ini pasti bisa berjalan dengan maksimal, akan tetapi semua itu akan mengalami jalan buntu bilamana tidak didukung dengan tingkat kesadaran masyarakatnya.

” Mudah-mudahan dengan dibentuknya Posko PPKM Mikro ini, dibarengi dengan pengawasan yang maksimal semoga angka kenaikan Covid-19 bisa ditekan, bahkan nanti sampai hilang sesuai harapan kita bersama sehingga kita dapat melakukan segala aktivitas dan kegiatan seperti sedia kala,” ungkap Pak Era Hernanto megakhiri sambutannya.

Pukul 10.44 Wib Tim Wasev Kolonel Inf Era Hernanto (Pamen Ahli Bidang Sosial Budaya Kodam IV/Diponegoro) beserta rombongan melaksanakan Peninjauan Posko PPKM Mikro Siaga Covid-19 dilanjutkan menuju Lokasi Kampung Siaga Covid-19 di Kp. Menjing RT.03 RW. 09 Kel. Gayam Kec. Sukoharjo.

Setelah melaksanakan sholat Jum’at di Makodim 0726/Sujoharjo Tim Wasev dan makan siang, didampingi Dandim 0726/Sukoharjo beserta rombongan kembali bergegas menuju menuju Posko ke 2 di Balai Desa Plesan Kec. Nguter diterima oleh jajaran Muspika, Kepala Desa beserta Staf, Toga, Tomas, Toda, Bidan Desa, Babinsa dan Babinkamtibmas.

Selanjutnya menerima Paparan singkat dari Bp. Wiyono S.Sos (Kepala Desa Plesan) tentang Perkembangan Covid-19 di Desa Plesan Kec. Nguter.

” Pada tanggal 8 Februari 2021 pukul 19.30 Wib pada malam hari setelah kami mendapatkan surat edaran Bupati untuk pelaksanaan PPKM Mikro ini, kami koordinasi dengan Muspika Nguter, daftar Puskesmas kemudian Kepala Desa se Kecamatan. Kita koordinasikan untuk pelaksanaan PPKM Mikro ini, kemudian kita tindak lanjuti dengan mendirikan posko PPKM Mikro di tingkat desa,” kata Bp. Sukatman S.E (Sekcam mewakili Camat Nguter) dalam pemaparannya.

” Kedatangan kami di sini untuk melihat langsung pelaksanaan program PPKM di wilayah Kab. Sukoharjo ini, yang mana program ini merupakan program lanjutan pemerintah mengingat program PPKM kemarin dinilai kurang maksimal, sehingga sekarang di tindak lanjuti dengan PPKM Mikro dari tanggal 8 s.d 22 Februari 2021 dengan harapan ada perubahan yang lebih signifikan, mari kita dukung bersama program ini,” kata pak Era.

” Pelaksanaan PPKM Mikro ini merujuk pada Instruksi Menteri nomer 3 tahun 2021 tentang pelaksanaan penanganan pada masa pandemi covid-19 agar semua cepat berlalu dan kegiatan sosial, ekonomi, kependudukan dapat berjalan normal kembali seperti apa yang kita inginkan bersama, kita berharap peran serta kita semua dengan didukung oleh para warga program ini dapat berjalan dengan lancar,” kata Dandim 0726/Sukoharjo saat dimintai keterangan.