SUKOHARJO– Bupati Sukoharjo, Etik Suryani rajin melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait kerusakan fasilitas umum (fasum). Dalam beberapa waktu terakhir Bupati melakukan sidak ke sejumlah titik jalan rusak. Kali ini, Bupati melakukan sidak ke Underpass Makamhaji yang tengah diperbaiki oleh Dirjen Perkeretaapian, Kamis (18/3/2021).
“Selama ini memang sudah banyak dikeluhkan masyarakat pengguna jalan soal kerusakan Underpass Makamhaji ini. Karena Pemkab Sukoharjo tidak berwenang melakukan perbaikan, keluhan warga ini diteruskan ke pusat dalam hal ini Dirjen Perkeretaapian untuk segera diperbaiki,” ujar Bupati.
Setelah dilakukan peninjauan lokasi dan perencanaan, ujar Bupati, Dirjen Perkeretaapian akhirnya memulai perbaikan hari ini. Perbaikan dimulai pada gril saluran air yang selama ini hilang dicuri oleh orang tak bertanggungjawab. Bupati berharap setelah perbaikan, Underpass Makamhaji bisa dilalui dengan lancar.

“Keluhan sudah banyak yang masuk sehingga Pemkab mendesak pemerintah pusat segera melakukan perbaikan dan direalisasikan hari ini. Semoga perbaikan segera selesai sehingga arus lalulintas lancar kembali,” ujarnya.
Kepala Dinas Perkerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo, Bowo Sutopo Dwi Satmojo menambahkan, selama ini Pemkab Sukoharjo sudah membantu melakukan pemeliharaan. Namun, untuk perbaikan secara menyeluruh menjadi kewenangan pemerintah pusat, yakni Dirjen Perkeretaapian.
“Saluran sudah sering rusak karena penutup saluran hilang dicuri. Perbaikan gril ini sudah berulang kali,” ujarnya.
Bowo juga mengatakan, selain perbaikan gril saluran air, perbaikan juga akan dilakukan untuk jalannya. Rencananya, aspal jalan underpass akan ditinggikan.

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan