SUKOHARJO– Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo yang berkerjasama dengan Kemenag menggelar vaksinasi Covid-19 bagi calon jemaah haji asal Sukoharjo, yang bertempat di Rumah Sakit Ortopedi (RSO) Solo yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Sukoharjo, Selasa (23/3/2021).

Vaksinasi Covid-19 ini mendapat perhatian khusus dari Bupati Sukoharjo, Hj. Etik Suryani, SE., MM yang meninjau langsung kegiatan tersebut oleh Dinkes dan Pihak Rumah Sakit rujukan RSO.

Etik Suryani juga berpesan kepada seluruh calon jamaah haji agar tetap menjaga kesehatan dan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Bapak, Ibu semua semuanya semoga sehat selalu Dan tetap menjaga jarak dan selalu mematuhi protokol kesehatan ya,” Ujarnya

“Vaksinasi ini menjadi langkah awal untuk keberangkatan jamaah haji, mudah-mudahan tahun ini, Kita hanya melakukan antisipasi dan persiapan untuk keberangkatan serta mengupayakan yang terbaik,” harap Etik

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo, Yunia Wahdiyati mengatakan Ada beberapa tahapan tes-tes kesehatan untuk jamaah haji ini, sampai dinyatakan istotoah untuk pemberangkatan haji.

Vaksinasi Covid-19 ini termasuk yang terbanyak secara serentak pertama kali di wilayah Jawa Tengah. Direktur Utama RS Ortopedi Solo, Pamudji Utomo mengatakan, jemaah yang suntik vaksinasi Covid-19 sebanyak 320 orang kategori lansia.

“Alasan vaksinasi jemaah calon haji dilakukan di RSO karena rumah sakit ini menjadi rujukan dari Kementrian Kesehatan yang telah tersertifikasi dari segi fasilitas, RSO juga memfokuskan vaksinasi calon jamaah haji di Jawa Tengah khusus nya di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” Ujarnya.(fj)

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan