Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Sekda, Widodo, Plt Asisten II Sekda, RM Suseno Wijayanto, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Endang Tien maryuni foto bersama Piagam Penghargaan Indeks Ketahanan Pangan, Selasa (5/10/2021).

SUKOHARJO – Prestasi kembali diraih oleh Kabupaten Sukoharjo. Kali ini, Sukoharjo meraih penghargaan Terbaik 4 Indeks Ketahanan Pangan Nasional. Piagam penghargaan tersebut ditunjukkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Selasa (5/10/2021). Selain itu, dari 20 kecamatan se-Indonesia, ada enam kecamatan di Sukoharjo yang mendapat penghargaan serupa. Masing-masing Kecamatan Weru, Sukoharjo, Bendosari, Tawangsari, Polokarto, dan Kecamatan Nguter.

Bupati mengatakan, untuk tingkat kabupaten/kota, Kabupaten Sukoharjo menjadi yang terbaik ke-4 secara nasional. “Sedangkan untuk tingkat kecamatan ada enam kecamatan di Sukoharjo yang meraih penghargaan Indeks Ketahanan Pangan. Secara nasional ada 20 kecamatan yang mendapat penghargaan dan dari Sukoharjo ada enam kecamatan sendiri,” jelas Bupati.

Sedangkan Kapala Dinas Ketahanan Pangan Sukoharjo, Endang Tien Maryuni, menambahkan jika penghargaan tersebut diberikan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. Ada beberapa aspek penilaian masing-masing aspek ketersediaan pangan yang meliputi rasio luas lahan sawah terhadap luas wilayah dan rasio jumlah sarana dan prasarana penyedia pangan terhadap jumlah rumah tangga.

Kemudian aspek akses pangan meliputi rasio jumlah penduduk dengan tingkat kesejahteraan terendah terhadap jumlah penduduk dan wilayah kecamatan yang tidak memiliki akses penghubung melalui darat dan udara. Aspek ketiga adalah pemanfaatan pangan terdiri dari rasio jumlah rumah tangga tanpa akses air bersih terhadap jumlah rumah tangga dan rasio jumlah penduduk terhadap tenaga kesehatan terhadap kepadatan penduduk.

“Jadi penilaian Indeks Ketahanan Pangan ini selama tiga tahun, mulai 2018-2020. Sukoharjo baru kali pertama ini mendapat penghargan Indeks Ketahanan Pangan ini,” jelas Endang. (*)

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan