Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat memantau vakainasi di Gedung PKP Desa Ngabeyan, Kartasura, Selasa (5/10/2021)

SUKOHARJO – Kabupaten Sukoharjo akhirnya turun ke level 2 untuk pelaksanaan PPKM. Meski sudah turun level, Bupati, Etik Suryani tetap mengimbau pada masyarakar agar tidak abai dan disiplin protokol kesejatan (prokes. Pemkab Sukoharjo sendiri terus mengejar capaian vaksinasi 70% agar segera turun ke level 1.

“Saat ini, capaian vaksinasi di Kabupaten Sukoharjo mencapai 67,85%. Khusus untuk lansia mencapai 69%,” jelas Bupati, Selasa (5/10/2021).

Bupati mengatakan, seharusnya kalau vaksinasi di Sukoharjo mencapai 70%, PPKM bisa turun ke level 1. Menurut Bupati, tidak tercapainya target vaksinasi salah satunya karena input data banyak yang belum bisa masuk. Selama ini, banyak masyarakat yang NIK-nya tidak bisa dinput sehingga harus diajukan dulu Dispendukcapil pusat dan di-approve agar NIK bisa dimasukkan.

Jika input data lancar semua, lanjut Bupati, target vaksinasi 70% bisa segera dicapai dan Sukoharjo turun ke level 1. Kabupaten Sukoharjo sendiri merupakan wilayah aglomerasi Solo Raya sehingga jika ada satu daerah yang capaian vaksinasinya kecil, maka level PPKM-nya juga ikut capaian vaksinasi yang terkecil tersebut.

Disinggung tentang kelonggaran aturan dalam PPKM level 2 ini, Bupati mengaku akan disesuaikan dengan Instruksi Mendagri (Inmen). Nantinya, instruksi Bupati yang akan dikeluarkan tidak bisa lepas dari Inmen tersebut. “Harapan saya, meski ada kelonggaran-kelonggaran, masyarakat jangan sampai abai dan tetap disiplin prokes agar Sukoharjo segera terbebas dari corona,” ujarnya. (*)

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan