SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menghadiri gerakan penghijauan Polres di Objek Wisata Baru Seribu Kecamatan Bulu, Jumat (15/10/2021). Gerakan penghijauan tersebut berupa aksi tanam 1.000 pohon. Dalam kesempatan tersebut, Bupati bersama Kapolres, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan dan Dandim, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan secara simbolis melakukan penanaman pohon.

“Pohon berperan penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Manfaat terbesar dari pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, penanaman pohon juga berfungsi dalam mencegah banjir dan longsor dalam saat musim hujan dan mencegah kebakaran dan kekeringan saat musim kemarau. Isu global yang hangat dibicarakan dewasa ini adalah isu pemanasan global, perubahan iklim, banjir dan erosi yang tidak terlepas dari akibat rusaknya ekosistem.

Bupati melanjutkan, langkah kongkrit yang dapat ditempuh untuk mengatasi efek negatif yang akan terjadi pada lingkungan adalah dengan melakukan penanaman pohon demi terciptanya kelestarian lingkungan dan terjaganya keseimbangan iklim. Kegiatan penanaman pohon sendiri bertujuan untuk menciptakan areal yang asri dan menjadi paru-paru daerah sebagai upaya dengan berbagai manfaat lingkungan seperti menjaga keseimbangan sistem air di alam, mencegah terjadinya erosi dan pengikisan tanah.

“Apalagi di wilayah sini kan masih ada kera liar, semoga nanti pohonnya cepat berbuah dan bisa untuk makanan kera liar dan tidak mengganggu masyarakat,” tambahnya.

Sedangkan Kapolres menyampaikan, penanaman 1.000 pohon tersebut sebagai bentuk kepedulian pada lingkungan menuju “Sukoharjo Go Green”. Menurut Kapolres, revolusi industri membawa dampak luar biasa dimana di Sukoharjo dibangun banyak pabrik, dan lainnya. Disatu sisi hal itu dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, namun disisi lain juga membawa dampak lingkungan karena berkurangnya lahan hijau.

“Untuk itu harus diimbangi dengan pemeliharaan lingkungan dimana salah satunya dengan melakukan gerakan penghijauan dengan menanam pohon,” ujar Kapolres.

Kapolres menambahkan, khusus di Objek Wisata Batu Seribu ditanam 300 pohon, dan yang 700 pohon ditanam di wilayah kecamatan oleh Polsek jajaran. Pohon yang ditanam sendiri terdiri dari pohon buah dan juga pohon keras. (*)

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan