SUKOHARJO – Selasa (9/11/2021), Pemkab Sukoharjo memberikan penghargaan pada Babinsa Kodim dan Bhabinkamtibmas Polres berupa motor dinas. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kinerjanya selama pandemi corona di Kabupaten Sukoharjo. Secara simbolis, motor dinas tersebut diberikan oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, di Lobi Kantor Bupati.

Dalam acara tersebut, terlihat hadir Kapolres, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, Dandim, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan, Ketua DPRD, Wawan Pribadi, Wakil Bupati, Agus Santosa, Sekda, Widodo, serta pejabat Pemkab lainnya. Sebelum diserahkan, dilakukan penandatangan perjanjian pinjam pakai oleh Sekda Sukoharjo, Widodo, dengan Kapolres dan Dandim.

“Bantuan motor dinas untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini merupakan penghargaan Pemkab Sukoharjo atas dedikasinya selama ini dalam penanganan pandemi corona. Total sepeda motor yang diserahkan sebanyak 351 unit,” terang Bupati. untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Bupati melanjutkan, pemberian bantuan motor dinas tersebut bertujuan untuk memperlancar operasional Babinsa dan Bhabinkamtibmas khususnya dalam upaya penanganan corona di Sukoharjo. Pasalnya, saat ini pandemi corona belum berakhir. Selama ini, lanjut Bupati, peran Babinsa dan Bhabinkamtibmas cukup besar selama pandemi corona karena berada di lapangan. Seperti membantu melacak kontak erat, memberikan edukasi, membantu proses vaksinasi, dan lainnya.

“Saya harap motor dinas ini bisa bermanfaat. Karena sifatnya pinjam pakai, saya harap dirawat dengan baik sehingga bisa menunjang operasional,” terangnya.

Sedangkan Dandim Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhi Darmawan, mengatakan jika bantuan motor dinas dari Pemkab Sukoharjo merupakan atensi dari pemerintah daerah pada Babinsa yang telah melaksanakan tugas terutama dalam penanganan corona di Sukoharjo. Menurutnya, tanpa mengecilkan peran yang lain, Babinsa turut membantu penanganan corona dan berada di garda terdepan dalam penanganan pandemi corona.

“Saat ini kasus corona Sukoharjo sudah turun signifikan dan kasus harian sangat rendah. Terima kasih pada Pemkab Sukoharjo karena bantuan motor dinas ini sangat mendukung sekali operasional Babinsa terutama di wilayah pedesaan sehingga bisa masuk ke pelosok-pelosok,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengucapkan terima kasih pada Pemkab Sukoharjo yang telah memberikan motor dinas untuk Bhabinkamtibmas. Diharapkan motor dinas tersebut akan menambah semangat Bhabinkamtibmas dalam melaksanakan tugas terutama selama masa pandemi corona saat ini.

“Saya berharap anggota semakin semangat dan termotivasi dalam memberikan pelayanan pada masyarakat,” katanya.

Perlu diketahui, bantuan tersebut bersifat pinjam pakai sehingga motor platnya merah. Anggaran untuk pengadaan motor dinas Yamaha Lexi tersebut sebesar Rp7,6 miliar. Untuk rincian 351 motor tersebut, untuk Babinsa 184 unit dan Bhabinkamtibmas 167 unit. (*)

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan