SUKOHARJO – Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, memimpin penanaman 6.000 pohon di Dukuh Duren, Desa Alasombo, Kecamatan Weru, Kamis (18/11/2021). Penanaman pohon tersebut dilakukan oleh Elemen Sukoharjo Bersatu bersama dinas terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pertanian dan Perikanan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati mengatakan, pohon memiliki peran penting dalam kehidupan dan menyelamatkan bumi dari pemanasan global. Manfaat terbesar pohon adalah menghasilkan oksigen yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup. Penanaman pohon juga berfungsi dalam mencegah banjir dan longsor saat musim hujan dan mencegah kebakaran dan kekeringan saat musim kemarau. Penebangan pohon secara berlebihan memberi dampak buruk bagi kehidupan, apabila tidak dilakukan tindakan seperti regenerasi dan reboisasi atau penghijauan.

“Langkah konkrit yang dapat ditempuh untuk mengatasi efek negatif yang akan terjadi pada lingkungan adalah dengan melakukan penanaman pohon demi terciptanya kelestarian lingkungan dan terjaganya kesimbangan iklim,” paparnya.

Menurut Bupati, kegiatan penanaman pohon bertujuan untuk menciptakan areal yang asri dan menjadi paru-aru daerah dengan berbagai manfaat lingkungan seperti menjaga keseimbangan sistem ait di alam, mencegah terjadinya erosi dan pengikisan tanah, dan selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menanam dan memelihara tanaman dalam rangka mencapai pembangunan yang hijau (green development”.

“Saya harap kegiatan ini dapat menjadi pilot project bagi instansi lain sehingga program pemerintah untuk menggalakkan aksi “go green” dan ramah lingkungan akan terwujud di Kabuoaten Sukoharjo,” tambah Bupati.

Sebelumnya, Bupati juga melepas elemen kepemudaan Sukoharjo yang menggelar aksi sosial penanaman pohon. Bupati memberangkatkan elemen kepemudaan tersebut dari halaman Setda Pemkab Sukoharjo. (*)

Sumber : Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan